Sabtu, 05 Desember 2020

UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL 2020/2021 PROGRAM PAKET NIAGA (PPN) KAMPUS MILENIAL ITBI

 

 


UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL 2020/2021

KAMPUS MILENIAL ITBI

 

NAMA                           : JUNITA SIMANJUNTAK

KELAS                         : PAGI

JURUSAN                    : AKUNTANSI

 

 

1.   Pengertian Windows

Windows merupakan sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft, dimana sistem operasi ini menyediakan antarmuka grafis (GUI/ Graphical User Interface ) agar lebih mudah dioperasikan. 

 

Berikut ini adalah pengertian Windows menurut para ahli:

                    Menurut Rico Syarif

Windows merupakan sistem operasi yang di buat oleh Bill Gates dari perusahaan ternama yakni Microsoft.

 

                    Menurut Ikhlasul

Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia.

 

                    Menurut Wikipedia

Windows  merupakan sistem operasi yang dibangun dan dipasarkan oleh Microsoft.

 

Sejarah Windows

Windows pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Setelah berpuluh tahun kemudian, banyak hal yang telah berubah, namun beberapa juga tetap dipertahankan. Windows memiliki versi lama sampai versi baru, yaitu sebagai berikut :

1 . Windows  1- November 1985

 

 

 

Windows 1 original diluncurkan pada tahun 1985, yang merupakan percobaan pertama terhadap antarmuka grafis (GUI) Versi 16-bit. Ciri kas Wndows 1 adalah sangat bergantungnya pada penggunaan mouse, yang perkembangannya dipelopori oleh Bill Gates. Microsoft ini juga menyertakan sebuah game, yaitu Reversi yang cara memainkannya sangat bergantung pada kontrol mouse.

2. Windows 2- Desember 1987

 Salah satu inovasi terbesar yang muncul  di Windows 2 adalah         kemampuannya untuk meminimalkan atau memaksimalkan diri, yang      dahulu hanya bisa dilakukan dengan ‘iconising’ atau ‘Zooming’. Control      panel dan berbagai peraturan lainnya dijadikan satu sehingga             memudahkan penggunaannya, hal ini pun bertahan hingga saat ini.

3 . Windows 3 – Mei 1990

 

 

Windows pertama yang membutuhkan hard drive diluncurkan pada tahun 1990. Windows 3 merupakan versi windows yang membuatnya tersebar luas dengan sukses yang keemudian menyaingi Macintosh milik Apple Inc. dan Commodore Amiga. Windows 3 memperkenalkan kemampuan untuk menjalankan program MS- DOS, yang juga mendukung 256 warna sehingga interface terlihat lebih mewarna. Permainan kartu Solaitare merupakan salah satu inovasi dalam windows 3.  

4 . Windows 3.1 -1992

Windows 3.1 memiliki ciri kas utama berupa adanya Font True Type. Permainan Minesweeper mulai bisa dimainkan dengan Windows 3. 1. Windows 3.1 juga merupakan versi Windows pertama yang didistribusikan melalui CD Rom.  

5 . Windows 95 – Agustus 1995

Yang menonjol dari Windows 95 adalah tombol Start dan Menu Start, yang sampai saat ini masih ada dan terletak pada pojok kiri bawah layar. Windows 95 juga memperkenalkan sistemm 32- bit, yang dapat melakukan multitasking. MS – DOS masih memiliki peran penting bagi Windows 95, yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai program, Internet Explorer mulai dikenalkan versi Windows ini.

6. Windows 98- Mei 1998

Windows versi ini sudah dilengkapi dengan Internet Explorer 4, Outlook Express,            Windows Address Book, Microsoft Chat, dan NetShow Player.  Netshow  Player kemudian digantikan dengan Windows Media Player Pada Windows 98 edisi ke- 2 pada tahun 1999.

 

 

 

7. Windows Milenium Edition ( ME) – September 2000

Windows ini diperkenalkan beberapa konsep penting untuk para penggunanya, seperti : sistem recovery otomatis pada windows ME, pertama kali diperkenalkan Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7, dan Windows Movia Maker.

8 . Windows 2000 – Februari 2000

Pada Windows 2000, hal yang paling menonjol adalah mulai diperkenalkan sistem Hibernation yang terletak bersamaan dengan Shutdown, Restart dan Stand by.

9 . Windows XP – Agustus 2001

 

 

Pada Windows XP, diperkenalkan Clear Type, sebuah program yang didesain untuk memudahkan sebuah teks dibaca pada layar, juga beberapa inovasi lainnya seperti: CD – burning dan fitur autoplay dari sebuah CD.

10 . Windows Vista – November 2006

Pada Windows ini, tampilan Windows lebih fokus pada elemen transparan, seperti search dan security didalamnya. Pada Windows Vista, terdapat Windows Media Player 11, dan IE 7, speech rocognition, Wondows DVD Maker, serta Photo Gallery di dalamnya.

11 . Windows 7 – Juli 2009


 

 

Windows 7 dapat dijalankan dengan lebih cepat, stabil, dan mudah, sehingga banyak pengguna yang akhirnya beralih ke Windows 7 dari sebelumnya XP atau Vista.

12 . Windows 8 – Oktober 2012

Hal yang paling mencolok dari Windows 8 adalah adanya widget untuk menggantikan daftar berbagai program di tombol start. Windows 8 dapat dijalankan dengan lebih cepat ( terutama pada proses booting ) dibanding versi windows sebelumnya. Windows ini juga dilengkapi dengan USB 3.0.

13. Windows 8.1 – Oktober 2013

 

 

Windows ini memunculkan tombol start agar lebih memudahkan pengguna yang menggunakan mouse dan keyboard tanpa layar sentuh.

14 . Windows 10 – Juli 2015

 

 

Windows ini juga mempertahankan tombol start dengan desktop yang lebih seimbang. Windows 10 ini memiliki tampilan yang elegan dan minimalis sehingga membuat penggunanya nyaman dalam menggunakannya. 

2.   Sistem operasi komputer memberikan layanan yang dapat digunakan oleh aplikasi untuk melakukan fungsinya yang disebut service. Layanan sistem operasi dapat digunakan oleh aplikasi untuk melakukan instruksi terkait kontrol perangkat lunak dan perangkat keras.

 


 

 

Berikut ini adalah contoh dari sistem operasi komputer

1.Microsoft windows

Microsoft windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh microsoft sejak tahun 1985 dengan menggunakan antar muka grafis (GUI). Microsoft windows menjadi sitem operasi komputer paling populer didunia. Microsoft windows dikembangkan dengan bahasa pemograman C, C++,         dan C #. Microsoft ini sangat populer dikalangan pengguna komputer pada umumnya.

2.Mac OS

Mac OS ( Macintosh Operating System) adalah sistem operasi  komputer yang dikembangkan oleh Apple sejak tahun 2001 yang merupalan sistem operasi standar dari perangkat komputer keluarannya. Sehingga Mac OS hanya bisa digunakan prangkat Apple.

3.GNU/Linux

Merupakan keluarga sistem operasi mirip UNIX yang merupakan sistem operasi komputer terbuka (open source) yang dikembangkan pada tahun 1991.

4. FeeBSD

Merupakan sistem operasi gratis yang dikembangkan oleh FreeBSD Foundation sejak 1995 yang dapat digunakan untuk keperluan destop, server dan embed system ( sistem komputer dengan tambahan hardware khusus). FreeBSD populer digunakan untuk keperluan jaringan, keamanan, dan manajemen data oleh server server yang menampung website yang sangat sibuk.

5.Chromium OS

Merupakan sistem operasi komputer sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan Karnel Linux sebagai intruksi dasar sistem. Chromium OS dikembangkan dan diliris sejak tahun 2011

 

3.   Perbedaan antara Windows 32 Bit dan 64 Bit, yakni sebagai yang tertera dibawah ini :

 

1)   Jumlah RAM yang dapat digunakan
2)   Performa perangkat
3)   Kemampuan dalam memproses data
4)   Kompatibilitas softwer

 

 

 

 

 

4.   Pengertian Microsoft Word

 

Microsoft Word merupakan salah satu software ( perangkat lunak ) tau program pengolah data baik berupa huruf maupun angka yang sering digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen ataupun hal hal yang berhubungan tulis menulis.

 

 


 

Berikut ini merupakan pengertian Microsoft word menurut para ahli:

 

1.       Wahana Komputer

Microsoft Word merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan untuk membantu dalam pembuatan dokumen dari yang sederhana seperti membuat surat pendek dengan amplopnya sehingga dokumen yang panjang seperti pembuatan laporan karya Ilmiah.

2.       Purnomo 

 Microsoft Word merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata versi terbaru yang dikeluarkan Microsoft.

3.       Wikipedia

MS. Word merupakan segala perangkat lunak pengolah kata atau Word processor yang merupakan andalan dari Microsoft.

 

Sejarah Microsoft Word

 

Microsoft Word pertama kali diperkenalkan pada tanggal 25 oktober 1983 dengan nama Multi- Tool Word. Diawal perilisannya, Multi – Tool Word hanya bisa digunakan untuk sistem Xenix, karena waktu itu belum ada Microsoft Windows.

Ditahun tahun berikutnya, seiring dengan perkembangan teknologi, Multi- Tool Word dikembangkan agar bisa digunakan sejumlah platfrom lainnya, seperti komputer IBM, Apple Macintosh, komputer AT & T UNIX, Atari ST,OS/2,SCO Unix dan macOS. Perangkat lunak ini baru bisa digunakan untuk Microsoft Windows di Tahun 1989.

Di tahun 1981, Microsoft mempekerjakan Charles Simonyi, pengembangan Brovo, perangkat lunak pengolah kata pertama yang ada di dunia.

Microsoft meliris Multi- Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS- DOS ditahun 1983. Nama ini kemudian disederhanakan menjadi Microsoft Word. Microsoft Word didesain untuk digunakan dengan mouse. Kemampuan word pada saat itu terbatas hanya pada kemampuan untuk melakukan undo, displayteks bold, italic dan underlined atau dengan garis bawah.

Tahun demi tahun Microsoft terus menyempurnakan Word dengan meliris versi 2.0 hingga 5.0 hanya kurun waktu 6 tahun saja. Di tahun 1985, Microsoft meliris Word yang bisa digunakan untuk perangkat Mac OS. Sejak diliris untuk perangkat Mac OS, penjualan untuk Mac OS lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat MS – DOS selama kurang lebih 4 tahun.

 

Dinobatkan sebagai yang terbaik

Pelirisan kedua untuk Mac OS jatuh pada tahun 1987 dengan nama Word 3.0

Pelirisan ini dilakukan untuk sinkronisasi antara pengguna Mac OS dengan DOS. Ini adalah yang pertama kalinya pengguna Mac OS dengan DOS bisa saling tukar file word.

Dipertengahan 90 – an, word diperangkat Mac OS tidak memiliki saingan.

Microsoft Word versi 5.1 yang diliris tahun 1992 sangat populer dikalangan pengguna komputer karena tampilan yang elegan.

 

Word untuk windows

Versi pertama word untuk Microsoft Windows diliris pada tahun 1989. Berberangan dengan keluarnya windows 3.0 di tahun berikutnya, penjualan word meningkat drastis.

Di tahun 1991 Word 5.5  dan pada tahun 1997, microsoft membentuk Macintosh Business Unit.

 

5.   Fungsi dari Tool Shapes pada lembar kerja Microsoft Word maupun MS. Powerpoint adalah digunakan untuk memasukkan atau menyisipkan gambar gambar bangunan seperti garis ( lines), tanda panah ( Block Arrow) Flowchart, Callouts dan juga stars and banners.

 

6.   Berikut ini adalah fungsi menu yang ada didalam menu insert pada Microsoft Word yakni sebagai berikut

1)   Menu Pages

·         Cover pages berfungsi untuk membuat halaman cover pada lembar kerja dalam pembuatan karya Ilmiah.

·         Blank page berfungsi untuk membuat halaman baru dalam lembar kerja MIC. Word

·         Page break berfungsi untuk memisahkan pada halaman sebelum dan sesudah pada halaman

2)   Menu Table

·         Table berfungsi untuk membuat tabel dalam lembar kerja sesuai dengan kebutuhan. Didalam menu table ada  beberapa menu berikut fungsinya.

·         Insert table berfungsi untuk membuat table dengan cara memasukkan angka pada kolom dan baris.

·         Draw table berfungsi juga digunakan untuk membuat table dengan cara mendesign tabel dengan pena yang disediakan di Microsoft word

·         Exel Spreadsheet berfungsi untuk membuat table dengan cara memasukkan lembar kerja Microsoft Exel kedalam kerja Ms. Word

·         Quick Tables berfungsi untuk menyisipkan kalender kedalam kerja MS. Word.

3)   Menu Ilustration

·         Pictures berfungsi untuk memasukkan gambar atau photo kedalam lembar kerja MS. Word

·         Clip Art berfungsi memasukkan gambar yang sudah disediakan MS. Word

·         Shapes brfungsi untuk memasukkan gambar berbentuk bangun kedalam lembar kerja MS. Word

·         SmartArt berfungsi untuk memasukkan gambar struktur yang sudah disediakan MS. Word lembar kerja.

·         Chart berfungsi untuk memasukkan gambar diagram kedalam lembar kerja MS. Word

·         Creenshoot berfungsi untuk mengambil semua gambar yang terbuka dalam komputer

4)   Menu Links

·         Hyperlink berfungsi untuk menyisipkan link kedalam teks yang ada pada lembar kerja MS. Word

·         Bookmark berfungsi untuk memberi identitas pada lembar kerja MS. Word

·         Cros – Referenses berfungsi untuk sebagai sumber acuan dari beberapa file dan atar file

5)   Header & Foother

·         Header berfungsi untuk mempercantik bagian tulisan diatas lembar kerja

·         Footer berfungsi untuk mempercantik tulisan bagian bawah

·         Paage Number berfungsi untuk memberikan nomor pada setiap halaman dilembar kerja

6)   Styles

·         Text Box berfungsi untuk menambahkan teks dalam kotak kedalam lembar kerja teks di MS. Word

·         Quick Parts berfungsi untuk menyusun teks pada lembar kerja di MS. Word secara teratur dan otomatis

·         WordArt berfungsi untuk memasukkan teks yang ada pada lembar kerja di MS. Word

·         Dropcap berfungsi untuk menyisipkan huruf kapital yang berada pada awalan pragraf

·         Signature Line berfungsi untuk memasukkan sebuah tanda tangan secara otomatis kedalam lembar kerja di MS. Word

·         Data & Time berfungsi untuk memberikan tanggal dan waktu terkini yang akan dimasukkan kedalam teks di MS. Word

·         Object berfungsi untuk memasukkan suatu objek yang ingin dimasukkan ke dalam lembar kerja

7)   Symbols

·         Equation berfungsi untuk memasukkan simbol rumus matematika kedalam lembar kerja

·         Symbol sama halnya fungsi dari equation namun fungsi dari symbol sendiri adalah untuk masukan simbol khusus yang disediakan pada MS. Word

 

 

7.    Drop cap merupakan sentuhan dekoratif berupa huruf kapital besar dan indah sebagai huruf awal paragraf pertama dari sebuah bab atau dokumen.

Berikut ini adalah langkah langkah pembuatan drop cap yakni sebagai berikut :

·         Blok / select satu huruf pertama dari paragraf yang kita inginkan untuk dibuat menjadi drop cap

·         Kemudian pilih tab Insert, pilih tombol Drop cap yang terletak di dalam grup text.

·         Pilih drap cap.

8.   Berikut ini adalah cara membuat kolom di Microsoft Word (dalam versi 2010) :

a)    Buka aplikasi Microsoft Word 2010

b)   Buka dokumen yang ingin hendak diedit

c)    Langkah pertama, tandai seluruh isi dokumen yang hendak diberi kolom

d)   Setelah ditandai, klik menu Page Layout – columns

e)    Pilih jumlah kolom yang anda inginkan

f)    Maka kolom sudah berhasil dibuat dan segera dipergunakan

9.   Perbedaan versi Microsoft Power Point 2007 dengan versi sebelumnya yaitu versi 2003 yakni sebagai berikut:

a)    Menu di MS. Power Point 2007 sudah berbeda dengan versi 2003, bentuknya lebih banyak ke ribbon (kumpulan toolbar)

b)   File hasil dari versi 2007 ada tambahan docx ( default) dan docm ( file menggunakan macro) pada versi 2003 masih doc.

c)    File pada versi 2007 tidak bisa dibuka pada versi 2003, tapi sebaliknya bisa di MS. Powerpoint 2007

d)   Pada versi 2007 (bulatan dikiri atas)yang sebagian besar menggantikan fungsi menu file pada versi 2003

e)    Ribbon versi 2007 bisa disembunyikan dan ditampilkan dengan mudah, di Versi 2003 harus mematikan semua toolbar

f)    Pada MS.Powerpoint 2007 diperkenalkan SmartArt, kumpulan template gratis yang mudah dipakai untuk berbagai keperluan. Dan di versi 2003 belum ada

g)   Pada versi 2007 ukuran file docx dan docm jauh lebih kecil jika disimpan sebagai doc biasa. Banyak komponen yang akan diconvert jadi gratis di versi 2003

h)   Pada versi 2007 jika ingin mengubah format ( text, gambar, shape, dll) previewnya bisa dilihat secara langsung di text editor, sedangkan versi 2003 hanya ditoolbarnya saja.

i)     Versi 2007 lebih variatif pada tampilan background

10.                Berikut ini adalah presentase tentang langkah langkah menambahkan Clip Art;


 

 

 

 

 

 


 

 

 


 


 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JAWABAN NO 10 UJIAN AKHIR SEMESTER 01 PROGRAM PAKET NIAGA 1 KAMPUS MILENIAL ITBI

 BERIKUT INI ADALAH JAWABANNYA BERBENTUK PDF         SEMOGA DAPAT DIMENGERTI  KARNA JIKA DIGABUNGKAN DENGAN JAWABAN LAINNYA MAKA PDF NYA TI...